Minggu, 03 November 2013

Psi. & Teknologi Internet

3. Komunitas Online 

A. Pengertian Komunitas dan Komunitas Online
      -- Komunitas 
   Adalah sebuah kelompok sosial dari beberapa organisme yang berbagi lingkungan, umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama. Dalam komunitas manusia, individu-individu di dalamnya dapat memiliki maksud, kepercayaan, sumber daya, preferensi, kebutuhan, risiko dan sejumlah kondisi lain yang serupa. Komunitas berasal dari bahasa latin communitas yang berarti "kesamaan", kemudian dapat diturunkan dari communis yang berarti "sama, publik, dibagi oleh semua atau banyak". 
   Komunitas dibagi dua menurut latar belakang berdirinya yaitu like interest dan common interest. Like Interest adalah komunitas atau grup yang terbentuk berdasarkan persamaan kesukaan akan suatu hal yang sifatnya insidentil, temporer atau sepintas saja. Sedangkan Common interest adalah komunitas atau kelompok yang terbentuk karena persamaan tujuan dari para anggotanya, hubungan sesama anggota lebih intens dan serius sehingga terbangun sistem.

      -- Komunitas Online
   Komunitas online adalah sebuah komunitas yang terbentuk secara virtual (maya) di berbagai layanan internet, misalnya forum online, mailing list, atau grup-grup tertentu. Komunitas yang dimaksud merujuk pada sekumpulan anggota/user yang mempunyai hobi atau ketertarikan yang sama terhadap sesuatu hal. Tujuannya yaitu untuk saling berbagi cerita, informasi, atau pengalaman lain antar anggotanya tanpa terikat oleh waktu dan tempat. Lain halnya dengan komunitas nyata yang berarti kegiatan yang biasa dilakukan oleh kelompok tertentu untuk bertemu dan bertatap muka secara langsung antar anggotanya. 

      B.Sifatnya yang relatif bebas
    Media & komunitas online cenderung bersifat bebas. Bebas dalam artian yang amat luas. Bebas kepemilikan, bebas sekat-sekat sosial umum, bebas kepemilikan, bebas dari interfensi otoritas sosial/agama/pemerintah dan sejenisnya, bebas pengguna dan bebas hambatan jarak, ruang dan waktu.
    -         Bebas Kepemilikan
    Media dan komunitas online memang dibuat oleh suatu pihak (personal/institusi) namun, begitu informasi ada di dunia maya maka informasi tersebut akan menjadi konsumsi publik yang berarti akan http://www.blogger.com/blogger.g?blogID=2825499945521187648#editor/target=post;postID=6303910273617471925bisa direproduksi dan direvisi sesuai kepentingan publik tersebut. Maka jangan heran jika muncul manipulasi informasi.
    -         Bebas sekat sosial
    Media dan komunitas tidak mengenal sekat-sekat sosial layaknya media/komunitas di dunia nyata (offline). Tidak ada atasan atau bawahan. Tidak ada pemilik informasi langgeng dan penerima informasi langgeng. Semuanya saling bertukaran, semuanya saling memberi dan menerima informasi hingga level tertentu. Tidak ada pembedaan antar pengguna internet dikarenakan status sosialnya di dunia nyata, dikarenakan potensi anonimitas internet itu sendiri.
    -         Bebas interfensi
    Hingga titik tertentu, semua media atau komunitas internet bebas interfensi pihak luar. Kecuali adanya pelanggaran hukum (umumnya bersifat regional), maka informasi yang beredar di dunia maya adalah bebas dibuat, dimanipulasi dan diakses untuk disebarluaskan kembali oleh siapapun kepada siapapun.
    -         Bebas jarak, ruang & waktu
    Keunggulan utama informasi yang disebarkan melalui media/komunitas online adalah tidak adanya batasan jarak, ruang dan waktu. Artinya informasi tersebut akan bisa menjangkau dan dijangkau oleh siapapun, di manapun, kapanpun(24/7), selama yang bersangkutan terkoneksi dengan layanan internet. Artinya, semua pihak, terutama korporat mempunyai kesempatan yang amat luas untuk berkampanye tentang semua hal, terutama produk/layanannya, kepada khalayak yang amat luas, tanpa dibatasi jarak, jam tayang, format informasi, batasan usia publik, waktu dan sebagainya jika mau dan mampu menggunakan media dan komunitas online.
       C. Manfaat Komunitas Online 
    Komunitas online bisa jadi solusi paling handal yang sangat menolong jika diikuti. Banyak orang merasakan manfaat dari komunitas online.
Solusi forum komunitas online adalah hal yang saya anjurkan karena selain bisa menjalin silaturahmi kita juga bisa saling share dan tentunya saling menolong ketika menemukan masalah ketika online.
    Berkomunitas di dunia maya memang sangat mudah, tanpa harus menyesuaikan jadwal padat yang tentunya berbeda-beda setiap orang. Kita bisa melakukannya setiap waktu luang kita, tanpa terhalang waktu dan jarak. Bahkan terhubung dengan teman sekomunitas di lain negara. Selain itu, dalam komunitas-komunitas khususnya common interest, kita bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan pelajaran, juga memacu kreativitas dan produktivitas. Berkomunitas juga bisa menambah link atau jaringan yang sangat bermanfaat bagi kita dalam banyak hal. Walau bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, namun berkomunitas online juga sering menghadapi kendala. 
   Selain manfaat yang diperoleh dalam berkomunitas online, tentunya ada pula dampak negatifnya. Kecanduan bermedia sosial bahkan sampai melupakan waktu, keluarga dan kehidupan nyata memang mengancam.

SUMBER : 
- Wikipedia.2013.Komunitas.Diperoleh 3 November 2013 , dari
 http://id.wikipedia.org/wiki/Komunitas

- Aditya Rizki.2011.Peran Komunitas Online.Diperoleh 3 November 2013 , dari 
 http://www.adityarizki.net/2011/01/peran-komunitas-online-dalam-sebuah-komunitas-nyata/

- Elsha Nadia.2013.Komunitas Online.Diperoleh 3 November 2013 , dari
 http://echaelshanadia.wordpress.com/2013/10/31/komunitas-online/

- Kompasiana.2013.Manfaat Berkomunitas Online.Diperoleh 3 November 2013 , dari 
 http://media.kompasiana.com/new-media/2013/04/11/manfaat-ber-komunitas-online-di-media-sosial-550289.html

Wina Prinjani.2012.Komunitas Online.Diperoleh 3 November 2013 , dari 
http://winap.blogspot.com/2012/10/psikologi-dan-teknologi-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar