Jumat, 07 November 2014

Psikologi Manajemen

Tugas ke-6

Definisi Actuating dan Pentingnya Actuating

A. Definisi Actuating

       Menurut George R. Terry (1986) mengemukakan bahwa actuating merupakan usaha menggerakkan anggota-anggota kelompok sedemikian rupa hingga mereka berkeinginan dan berusaha untuk mencapai sasaran perusahaan dan sasaran anggota-anggota perusahaan tersebut oleh karena para anggota itu juga ingin mencapai sasaran-sasaran tersebut.

       Actuating menurut Tery adalah merangsang anggota-anggota kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dan kemauan yang baik. Tugas menggerakkan dilakukan oleh pemimpin.

       Menurut  Keith Davis actuating adalah kemampuan membujuk orang-orang mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dengan penuh semangat.

       Dari pengertian diatas, actuating merupakan usahan menggerakkan anggota-anggota kelompok melaksanakan tugas-tugas dengan antusias dan kemauan yang baik untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan dengan penuh semangat.

B. Pentingnya Actuating

      Hal yang penting untuk diperhatikan dalam pelaksanaan (actuating) ini adalah bahwa seorang karyawan akan termotivasi untuk mengerjakan sesuatu jika :

  1. Merasa yakin akan mampu mengerjakan
  2. Yakin bahwa pekerjaan tersebut memberikan manfaat bagi dirinya
  3. Tidak sedang dibebani oleh problem pribadi atau tugas lain yang lebih penting atau mendesak
  4. Tugas tersebut merupakan kepercayaan bagi yang sedang bersangkutan 
  5. Hubungan antara teman dalam organisasi tersebut harmonis

Daftar Pustaka :
Afifuddin, M.M. (2012). Dasar-dasar manajemen. Bandung: ALFABETA
Hasibuan, M. (2001). Manajemen sumber daya alam. Jakarta: Bumi Aksara Jakarta
Munandar, A. S. (2001). Psikologi industri dan organisasi. Salemba: UI-press
Mulyono.(2008). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar