Kamis, 13 November 2014

Psikologi Manajemen


Tugas ke-7



Prinsip Actuating dan Mencapai Actuating managerial yang efektif

A. Prinsip Actuating

     Oleh karena itu , pengarahan yang dilakukan oleh pemimpin harus berpegangan pada prinsip, yaitu:
     1. Prinsip mengarah pada tujuan
         Tujuan pokok dari pengarahan nampak pada prinsip yang menyatakan 
         bahwa makin efektifnya proses pengarahan akan semakin besar 
         sumbangan bawahan terhadap usaha mencapai tujuan. 
     2.Prinsip keharmonisan dengan tujuan
        Orang-orang bekerja untuk dapat memenuhi kebutuhannya yang 
        mungkin tidak sama dengan tujuan perusahaan. Mereka menhendaki 
        demikian dengan harapan tidak terjadi penyimpangan yang terlalu besar 
        dan kebutuhan mereka dapat dijadikan sebagai pelengkap serta 
        harmonis dengan kepentingan perusahaan.
     3.Prinsip kesatuan komando
       Prinsip kesatuan komando ini sangat penting untuk menyatukan arah 
       tujuan dan tanggung jawab para bawahan. Bilamana para bawahan hanya        memiliki satu jalur didalam melaporkan segala kegiatannya.

Menurut Kurniawan (2009) prinsip-prinsip dalam penggerakan/actuating antara lain:


  • Memperlakukan pegawai dengan sebaik-baiknya.
  • Mendorong pertumbuhan dan perkembangan manusia
  • Menanamkan pada manusia keinginan untuk melebihi
  • Menghargai hasil yang baik dan sempurna
  • Mengusahakan adanya keadilan tanpa pilih kasih
  • Memberikan kesempatan yang tepat dan bantuan yang cukup
  • Memberikan dorongan untuk mengembangkan potensi dirinya

B. Mancapai actuating managerial yang efektif
    1. Komunikasi organisasi
        Merujuk pada pola dan bentuk komunikasi yang terjadi dalam konteks             dan jaringan organisasi. Komunikasi organisasi melibatkan bentuk-                   bentuk komunikasi antara pribadi dan komunikasi kelompok.
    2.Coordinating
       Merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai                kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan                    kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan,                                    dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerjasama              yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.
    3.Motivating
       Merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi,              semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahannya melakukan          kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendaki oleh atasan.
    4.Leading
       Pekerjaan leading, meliputi lima macam kegiatan yaitu:
       1. Mengambil keputusan
       2. Mengadakan komunikasi agar ada saling pengerti antara manajer dan              bawahan.
       3. Memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya                mereka bertindak.
       4. Memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya.
       5. Memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka                    terampil dalam usaha mencapi tujuan yang telah ditetapkan.


Daftar Pustaka
  • Handoko, T.H.(2009). Manajemen. Edisi 2.BPFE: Yogyakarta
  • Hasibuan, M.S. (2008). Manajemen sumber daya manusia. Sinar Grafika Offset: Jakarta
  • Mulyono. (2008). Manajemen administrasi dan organisasi pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
  • Suyanto, M. (2007). Strategi management global most admired companies. Yogyakarta: Andi Offset

Tidak ada komentar:

Posting Komentar